Informasi mengenai Facebook Interest Performance
Facebook Fitur Interest Performance
Sebelum memulai pembahasan ini, mau tak disclaimer dulu bahwa tidak akan mungkin temen2 akan memperoleh hasil yang sama seperti yang gw lakuin!itu yang pertama, dan yang kedua: Setiap advertiser di facebook ads mempunyai stylenya masing-masing dan ini adalah style gw.
..Oke lanjut pembahasannya :-)
Udah lama ga buat note, sengaja buat note ini biar dibilang expert padahal sih masih kacrut haha...
Baru-baru ini FB mengeluarkan beberapa fitur terbarunya salah satunya adalah “Interest Performance” ga tahu deh orang lain sebut apa, tapi gw sebut gitu aja deh ya… dan kata sahabat sebenernya fb sudah keluarkan fitur ini sejak lama cuman sekarang baru dikeluarkan lagi.
seperti apa fiturnya? cek ss di bawah:
Lihat fitur ini dimana? ketika teman2 membuat iklan di facebook dan kalau iklan baru tentu saja fitur ini ga akan muncul, temen2 harus test dulu interestnya.
Kegunaannya apa? nah dengan fitur ini temen2 bisa tahu interest manakah yang punya performance yang bagus dibanding performance lainnya.
kalau biasanya temen-temen bermain ‘tanpa’ menggunakan interest maka sekarang sudah saatnya arah permainan di rubah, soalnya (beneran) sayang banget kalau ga pakai fitur ini.
Mau tahu caranya gw main dengan fitur baru ini? yang jelas kalau temen2 mau main dengan fitur ini siapkan budget untuk testing.
Gini cara yg gw mainin:
Gw test dengan cara membuat campaign baru menggunakan bulk interest dengan hasil research berdasar affinity dan kepoin buyer yang komen di iklan kompetitor (reverse engineering)
Diamkan selama 1-3 hari (biasanya kalo gw tuh 3-5 hari) dan biarkan facebook mengoptimasi dan memberitahukan kita, manakah interest/audience yang mempunyai performa yang bagus di banding lainnya.
Setelah mendapatkan hasil bulk test interest dari campaign yang gw jalanin maka gw akan buat campaign baru berdasar dari hasil yang sudah di dapatkan dari hasil bulk campaign test tersebut. Disini gw memilih memasukan interest yang memang mempunyai performa bagus dan diatas rata-rata.
dan hasilnya CTR naik sekaligus terjadi kenaikkan konversi yang sangat signifikan.
Ah… tapi apakah gw puas sampai disitu? tentu saja ngga :)
langkah berikut yang tak lakukan adalah:
Menggali lebih dalam lagi interest-interest baru yang nantinya akan kita test lagi. Tapi disini ada triknya teman2, kita akan exclude iklan kita kali ini dengan cara, memasukan interest yg mempunyai perfoma bagus di bagian “exclude” di bawah include targeting…
Kalau bingung soal exclude lihat gambar dibawah
Masukan interest baru di “INCLUDE” lalu interest yang mempunyai performa bagus di “EXCLUDE” dengan begini facebook akan menyingkirkan audience2 yang memang termasuk dalam interest/audience yang mempunya performa bagus.
dan dengan menggunakan cara diatas facebook akan (kembali) memberikan interest2 baru lainnya yang mempunyai performa bagus :-)
Nah sekian catatan pendek tentang performa baru facebook.
Sekali lagi, setiap advertiser punya caranya masing2 bisa jadi cara ini works di gw belum tentu di temen2.
Salam Olahraga!
#DaridanBagi!