Mengenal Bounce Rate Untuk SEO
Bagi Anda yang suka mengamati perkembangan website Anda, atau bagi Anda yang sedang belajar SEO maka Anda pasti menjumpai istilah bounce rate. Apa itu bounce rate? Apa sih gunanya mengetahui pengertian bounce rate? Dan seberapa penting peranan bounce rate dalam optimalisasi pada jasa SEO website?
bounce rate adalah jumlah dari persentase para pengunjung yang masuk ke web kita, lalu pengunjung tersebut keluar tanpa meminta atau melihat halaman lain dari web kita. Sederhananya, bounce rate diartikan persentase pengunjung yang hanya melihat satu halaman pada blog atau web kita. Bounce rate menjadi salah satu indicator dari kinerja pengelolaan sebuah web atau blog. Bisa dikatakan bounce rate yang tinggi pada sebuah blog menjadi sinyal bahwa blog tersebut kurang menarik.
Jumlah dari pengunjung yang berkunjung satu halaman: total pengunjung x 100%
Contoh : Blog XX dikunjungi 1000 orang, tapi ternyata dari 1000 pengunjung ada 250 orang yang membuka satu (1) halaman lalu pergi. Maka bounce rate dari blog XX adalah
250 : 1000 x 100 % = 25 %
Alexa.com merupakan salah satu perusahaan bidang teknologi yang sangat dikenal di kalangan blogger dan pebisnis online. Alexa.com dikenal menyediakan namanya Alexa rank. Namun disamping Alexa rank, Alexa juga dikenal menyediakan aplikasi Alexa Tools. Perlu sahabat Suyono ketahui, Alexa tools ini bisa digunakan untuk mengetahui persentase jumlah bounce rate di blog kita.
Agar bounce rate website kita bisa semakin baik, maka kita harus membuat pengunjung menjadi betah berlama-lama di website kita. Bagaimana caranya?
- Perbanyak konten berkualitas di website Anda. Semakin banyak konten berkualitas, semakin betah orang-orang berada di website Anda. Sekalipun website Anda berupa toko online, jika penawaran yang Anda buat itu menarik plus di toko online Anda ada banyak hal menarik maka tentu orang-orang akan dengan senang hati menjelajah website toko online Anda.
- Perbanyak internal link. Internal link adalah link yang menuju ke halaman lain dari website Anda. Dengan semakin banyaknya internal link diharapkan pengunjung akan semakin betah untuk menjelajah berbagai halaman yang ada di website Anda.
- Tingkatkan pageviews website Anda.
- Jadikan desain website Anda rapih dan nyaman.
bounce rate adalah jumlah dari persentase para pengunjung yang masuk ke web kita, lalu pengunjung tersebut keluar tanpa meminta atau melihat halaman lain dari web kita. Sederhananya, bounce rate diartikan persentase pengunjung yang hanya melihat satu halaman pada blog atau web kita. Bounce rate menjadi salah satu indicator dari kinerja pengelolaan sebuah web atau blog. Bisa dikatakan bounce rate yang tinggi pada sebuah blog menjadi sinyal bahwa blog tersebut kurang menarik.
Bagaimana Menghitung Jumlah Bounce Rate???
Sangatlah gampang Rumusnya adalah:Jumlah dari pengunjung yang berkunjung satu halaman: total pengunjung x 100%
Contoh : Blog XX dikunjungi 1000 orang, tapi ternyata dari 1000 pengunjung ada 250 orang yang membuka satu (1) halaman lalu pergi. Maka bounce rate dari blog XX adalah
250 : 1000 x 100 % = 25 %
Bagaimana Mengetahui Bouce Rate dengan Cara Praktis ???
Di internet ada aplikasi yang siap untuk memudahkan kita di dalam menghitung angka bounce rate. Contohnya Google Analytics. Namun selain alat Google Analytics, juga ada aplikasi lain yaitu berupa Alexa tools.Alexa.com merupakan salah satu perusahaan bidang teknologi yang sangat dikenal di kalangan blogger dan pebisnis online. Alexa.com dikenal menyediakan namanya Alexa rank. Namun disamping Alexa rank, Alexa juga dikenal menyediakan aplikasi Alexa Tools. Perlu sahabat Suyono ketahui, Alexa tools ini bisa digunakan untuk mengetahui persentase jumlah bounce rate di blog kita.
Agar bounce rate website kita bisa semakin baik, maka kita harus membuat pengunjung menjadi betah berlama-lama di website kita. Bagaimana caranya?
Ya layani pengunjung web Anda sebaik-baiknya.
Berikut beberapa contoh bentuk pelayanan yang baik kepada pengunjung website.- Perbanyak konten berkualitas di website Anda. Semakin banyak konten berkualitas, semakin betah orang-orang berada di website Anda. Sekalipun website Anda berupa toko online, jika penawaran yang Anda buat itu menarik plus di toko online Anda ada banyak hal menarik maka tentu orang-orang akan dengan senang hati menjelajah website toko online Anda.
- Perbanyak internal link. Internal link adalah link yang menuju ke halaman lain dari website Anda. Dengan semakin banyaknya internal link diharapkan pengunjung akan semakin betah untuk menjelajah berbagai halaman yang ada di website Anda.
- Tingkatkan pageviews website Anda.
- Jadikan desain website Anda rapih dan nyaman.