--> Skip to main content

Cara mudah membuka lupa password pola di android

Oke dipembahasan kali ini saya akan membahas sedikit masalah pola kuncil layar pada sebuah Smartphone Android. Beberapa masalah ini sering ditemui oleh sejumlah pengguna android, penyebab masalah ini sering dialami oleh pengguna android ketika kita membuat sebuah password atau password android dalam bentuk beberapa pola layar kunci serta menggunakan kata sebagai password malah kita tidak mengingat atau lupa akan dengan pola layar kunci maupun password yang telah kita buat sebelumnya. Ketika kita salah memasukan kata sandi maupun password di android ketika membuka lockscreen pada smatphone android, maka pemblokiran PIN pada smartphone android anda pun akan terjadi. Mengapa demikian? Perlu anda ketahui bahwa disetiap smartphone android sudah ditentukan berapa batas maksimal untuk memasukkan sebuah password/pin/pola di smartphone android yang dapat menuju kebagaian mode home.

Cara mudah membuka lupa password pola di android

Cara mudah membuka lupa password pola di android

Selain alasan diats yang kebanyakan pengguna android tidak mengingat atau lupa dengan password, pola maupun PIN adalah ketika kita sebagai pengguna android melakukan kesalahan selalu mencoba password  berbeda atau lain dari password, pola maupun PIN sebenarnya seperti yang saya jelaskan sebelumnya. Dan yang terakhir penyebab dari password atau pola smartphone android terblokir lainnya adalah, karena beberapa keisengan dari teman ataupun orang lain yang melakukan hal yang sama, seperti misal memasukkan password dengan mencoba membobol smartphone android kita atau memasukan sebuah pola layar kunci secara random (acak), akibatnya android anda akan terblokir PINnya.

Maka dari itu disini saya akan memberikan beberapa cara untuk mengatasi atau menanggulangi hal seperti ini. Beberapa tips yang saya bagikan ini mungkin bisa anda lakukan guna meriset kembali password atau pola yang telah terlupakan di smartphone maupun gadget tablet android anda. Cara ini dapat anda gunakan di smartphone android merk apa saja yang terpenting smartphone tersebut masih mengandung sistem operasi android.

3 Cara Membuka Kunci Pola Layar atau Password di Android yang Lupa dan Terblokir

Cara Membuka password atau pola kunci layar smartphone Android yang lupa dengan menggunakan fitur Forgot Password


  • Nah sebelum anda memulai menggunakan fitur forgot password ialah pastikan sebelumnya anda telah atau sudah berada di dekat dengan jaringan internet (WiFi) terserah mau menggunakan wifi ataupun thetering teman yang terpenting adalah jaringan tersebut telah disambungkan secara otomatis pada smartphone android anda sebelumnya. Selain menggunakan wifi anda juga boleh menggunakan paket data atau kuota internet anda.
  • Syarat kedua yang perlu anda lakukan sebelum forgot password pastikan anda juga mengingat email dan password yang tersinkron atau telah tersambung pada smartphone android ada.
  • Apabila 2 poin di atas sudah anda lakukan atau sudah teringat, maka lanjutkan dengan langkah membuka layar kunci dengan cara mengklik Forgot Password kemudian klik Sign in dan masukkanlah username/email dan password akun Gmail Google anda. 

Cara Mengatasi password atau pola kunci layar Android yang terblokir dengan melakukan panggilan telepon dari HP yang lain

Cara ini kedua ini juga anda dapat lakukan apabila cara diatas sepenuhnya gagal atau mungkin anda lupa username maupun password gmail anda atau mungkin karena anda lupa jika anda belum mengaktifkan paket data (kouta internet) maupun lupa mengaktifkan tombol Wi-Fi pada smartphone android anda. Untuk itu cara kedua adalah sebagai berikut ini:
  • Langkah pertama gunakanlah smartphone teman maupun orang lain yang anda kenal untuk menelepon smartphone android yang terkunci pola atau passwordnya.
  • Kemudian Angkat atau jawab panggilan dari telepon teman yang digunakan untuk menelepon smartphone terkunci tersebut, akan tetapi janganlah anda mennutup telepon panggilan tersebut selama anda melakukan beberapa aktifitas pada berikut ini
  • Tekanlah tombol home di smartphone anda yang telah terblokir atau telah terkunci password maupun polanya, kemudian anda aktifkan koneksi internet smartphone anda baik itu berupa Wi-Fi atau paket data.
  • Apabila memungkinkan untuk menonaktifkan password ataupun pola dari menu setting/pengaturan, sebelum melakukan hal itu anda diwajibkan untuk login dan masuk ke akun Google (GMAIL) anda terlebih dahulu.
  • Apabila tidak memungkinkan untuk menonaktifkan pola, tetapi akses internet pada smartphone android anda sudah aktif, maka lakukanlah kembali langkah-langkah pada cara diatas yaitu menggunakan fitur forgot password. Untuk dilangkah ini panggilan telepon sudah tidak dipergunakan lagi, jadi anda bisa mematikan paggilan telepon sebelumnya

Cara Mengatasi password atau pola layar kunci Android yang terblokir dengan melakukan factory data reset melalui android recovery

Cara terakhir adalah dengan cara menggunakan android recovery untuk mengembalikan ke fungsi pabrik smartphone android anda tentunya dengan melakukan hal ini banyak resiko yang harus anda korbankan seperti seluruh data pada android dan pengaturan di internal memori android anda akan sepenuhnya terhapus. Namun, anda bisa menghindari resiko ini apabila anda telah mengaktifkan fitur backup atau mempunya backupan file andorid anda sebelumnya dalam kondisi smartphone android anda terkunci, dengan mempunyai backup maka anda tak perlu khawatir lagi mengenai data yang ada dalam smartphone android, karena data tersebut sudah aman. Agar anda dapat menghindari sesuatu yang tidak diinginkan atau bersifat merugikan, disarankan agar anda melepas memori eksternal atau MicroSD di smartphone android kalian.

Nah cara ketiga atau terakhir ini bisa anda lakukan apabila kedua cara diatas tidak bisa digunakan atau istilahnya gagal. Berikut ini adalah cara mengatasi lupa password android yang terblokir dengan menggunakan factory data reset.
  • Langkah yang akan anda lakukan terlebih dahulu ialah mematikan penuh smartphone atau tablet android anda, pastikan android anda benar-benar dalam keadaan mati.
  • Kemudian Tekan dan tahanlah tombol ketiga ini secara bersamaan yakni tombol Home, tombol Power, tombol Volume atas. Tekan dan tahan Sampai anda masuk dalam fitur android recovery.
  • Lalu anda tunggulah beberapa detik hingga system recovery android berhasil terbuka.
  • Setelah anda masuk ke dalam mode recovery pilihlah menu Wipe data atau factory reset, untuk menggerakkan kursor pada tampilan mode recovery gunakan tombol volume (atas atau bawah) kemudian arahkan ke tombol Home.
  • Setelah itu pilih Yes > Reboot system now. dan tunggulah beberapa menit.
  • Ketika anda berhasil mereboot dan menghiidupkan kembali android maka smartphone android anda akan kembali kesettingan pabrik atau kesemula seperti hp baru.

Saran terpenting untuk anda, dalam membuat sebuah password atau pola maupun sebuah PIN maka anda harus sepenuhnya mengingat apa yang anda masukan. Selain itu jika anda menggunakan cara di atas untuk membuka dan mengatasi pola layar kunci atau password di android yang lupa dan terblokir lakukanlah secara hati-hati dan mengikuti semua langkahnya guna tidak terjadinya kesalahan fataal yang membuat smartphone android anda menjadi rusak. Semoga bermanfaat.
    Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
    Buka Komentar
    Tutup Komentar