8 Tempat Terbaik Untuk Meletakan Keyword
Setelah Anda sukses mendapatkan keyword - keyword jitu dari hasil pembahasan selama 4 hari ini. Sekarang saatnya Anda memainkan keyword - keyword tersebut.
Setidaknya ada 8 spot yang harus Anda tanami keyword di dalamnya.
Ok ...... sebetulnya sebelum kita masuk ke pembahasan 8 spot tadi, ada satu spot yang harus betul - betul Anda manfaatkan. Di manakah itu ....??
Yes .... NAMA DOMAIN Anda.
Contoh : kalau Keyword yang Anda bidik adalah " ikan hias " maka usahakan domain Anda harus mengandung keyword. Misal :
- ikanhias.com
- ikanhiasmurah.com
- jualikanhiasjakarta.com
- grosirikanhias.com
(Waahh .... pak, kan kelihatan ndak keren itu. Kenapa Domainnya ndak Nama Perusahaan saya aja. Misal, takariproduction.com kan kelihatan kereeen gitu)
Walah kok mikirin keren kerenan. Gini loh ya ..... kita ini mau " Nglamar Google ". Yang penting bagus / keren dimata Google ya sudah. TITIK.
Tentu sebuah Perusahaan wajib punya Official Website seperti www.takariproduction.com seperti yang Anda usulkan tadi. Tapi itu jadikan Landing Website saja. Adapun website yang Anda jadikan " tenaga marketing " Nama Domainnya harus mengandung keyword.
Paham ya sampai disini .... ( pahaaaam pak guruuuuuuuu ....)
Nah sekarang masuk materi pokok kita hari ini. Materi ini termasuk SEO on Page.
8 TEMPAT DAHSYAT UNTUK MELETAKKAN KEYWORD
1. JUDUL WEBSITE
Judul Website / Title ini hanya ada 1 setiap website. Biasanya akan muncul pada Heading. Bagian kepala website.
2. JUDUL ARTIKEL
Nah kalau yang satu ini jumlahnya sebanyak page / post yang Anda bikin. Misalkan Anda mempunyai 5 page pada website Anda. Maka judul Artikel sudah pasti 5 juga.
Perlu diketahui, judul di tiap page / post jangan ada yang mirip apalagi sama. Ini akan di anggap oleh Google sebagai duplikat konten walaupun hanya judulnya saja.
3. META DESKRIPSI
Bagi pengguna Wordpress cobalah install plugin SEO Yoast. Pada bilah SEO Yoast Anda akan menjumpai kolom pengisian meta description. Isilah dengan keyword - keyword yang telah Anda kumpulkan kemarin. Bisa sampai 156 karakter. Bagian ini harus di optimalisasi.
4. URL POSTING
Anda harus memilih URL yang SEO Friendly. Bagi pengguna wordpress Anda bisa atur di menu Permalink. Bagi pengguna Blogger Anda bisa mengaturnya di menu Entri baru => Tautan permanen.
Usahakan Anda memilih URL dengan struktur STATIS bukan DINAMIS.
Contoh :
- URL STATIS : http://ikanhias.com/harga-ikan-koi/
- URL DINAMIS : http://ikanhias.com/page=19983?
Ciri URL Statis selalu diakhiri dengan tanda garis miring (/)
Sementara URL Dinamis di akhiri dengan tanda tanya (?)
5. NAMA GAMBAR
Apabila Anda akan meng Upload sebuah gambar / image pada website Anda maka untuk Nama dari Gambar harus Anda rubah dengn nama yang mengandung keyword. Ingat ........ Google tidak memperhatikan gambar tetapi memperhatikan Nama gambar.
Jangan lupa isi juga bagian Alt Text pada gambar Anda dengan keyword agar mudah terbaca oleh robot Google.
6. TAGS
Kolom pengisian TAG akan muncul si sidebar kanan waktu Anda membuat postingan. Silahkan Anda isi dengan kata kunci - kata kunci yang kemarin telah Anda kumpulkan.
7. PARAGRAF PERTAMA
Maksimalkan penggunaan keyword di awal artikel yang Anda buat. Setidaknya harus ada 2 keyword di paragraf pertama. Boleh di awal paragraf, tengah paragraf atau akhir paragraf.
Penekanan tulisan pada kata kunci juga penting. Contonhya dengan penggunaan BOLD / Penebalan kata Kunci. Bisa juga menggunakan tag H3 agar lebih diperhatikan oleh Google.
8. PARAGRAF TERAKHIR
Apakah pada paragraf tengah tidak boleh di letakkan keyword ..? Ya boleh - boleh aja sih. Pada prinsipnya Keyword harus tersebar di seluruh permukaan. Tetapi point - point penting harus di letakkan di Paragraf Pertama dan Paragraf Terakhir.
Besok akan saya posting cara menulis artikel yang akan di " gandrungi oleh Google.
Ibaratnya membuat artikel menjadi " Gadis Cantik " yang akan selalu mempesona bagi " Om Google ".
Wuiiiiiihh ........ pasti keren.