3 Jenis Pelanggan Yang Harus Anda Ketahui !
3 Jenis Pelanggan Yang Harus Anda Ketahui !
Pelayanan adalah bagian paling penting dalam sebuah kegiatan pemasaran dan setiap pemasaran keberhasilannya diukur dari kemampuan menghadapi perubahan pasar. Rahasia terpenting dalam bisnis adalah bagaimana kita menangkap keinginan konsumen lalu membantu memberikan solusi yang terbaik untuknya. Semuanya akan menjadi mudah jika kita memiliki wawasan dan ide.Pentingnya wawasan dan pemahaman akan pelanggan menjadi suatu keharusan yang wajib diketahui oleh penjual. Nah, berikut ini adalah 3 jenis pelanggan yang wajib Anda ketahui.
PERTAMA PELANGGAN INTERNAL ( INTERNAL CUSTOMER )
Pelanggan internal adalah orang-orang yang berada di dalam perusahaan maupun organisasi itu sendiri. Misal, customer service adalah pelanggan bagi perusahaan yang harus dipuaskan dengan memberikan gaji, penghargaan serta mendapatkan kesempatan untuk berkembang dan berprestasi.Supaya bisa memberikan pelayanan yang prima, kepentingan karyawan harus diperhatikan. Mereka tidak mungkin bisa memberikan yang terbaik dan melakukan pekerjaan dengan segenap hati, sementara mereka mendapatkan perlakuan yang tidak baik dan tidak menyenangkan dari perusahaan tempat ia bekerja. Sama seperti end user, karyawan juga memiliki kebutuhan, keinginan dan harapan akan pelayanan yang baik dari perusahaan.
KEDUA PELANGGAN ANTARA ( INTERMEDIATE CUSTOMER )
Pelanggan ini hanya bertugas sebagai perantara sebagai mediator pemakaian user, seperti dokter, dokter gigi dan apoteker. Dalam hal ini kapasitasnya hanya memberikan saran dan memengaruhi dan penentu utama yang terbaik bagi end user.KETIGA PELANGGAN EKSTERNAL ( EXTERNAL CUSTOMER )
Pelanggan ini ada pembeli atau pemakai akhir dari suatu produk. Misal dalam dunia clothing, mereka adalah pembeli yang akan membayar tshirt yang akan digunakannya. Ada kemungkinan juga pelanggan eksternal dilayani oleh teman, saudara, sahabat yang bekerja di distro clothing tersebut yang bertindak sebagai buyer untuknya.Tujuan bisnis adalah untuk kepentingan pelanggan diatas dan mereka harus terpuaskan dengan layanan produk Anda. Anda juga harus memiliki kemampuan untuk menempatkan diri pada posisi pelanggan ( empati ). Mereka yang mengabaikan perubahan dan terus mengulangi cara lama akan mudah sekali mengalami kegagalan. Sukses di dapat karena adanya penyesuaian internal terhadap perubahan yang ada.
Pelanggan yang merasa terpuaskan adalah pengiklan yang paling efektif. ~ Philip Kotler
1 Orang yang puas dengan layanan produk Anda akan menceritakan kepada 5 orang di sekitarnya, begitu juga dengan 1 orang yang kecewa dengan layanan produk Anda, ia akan menceritakannya kepada 10 orang terdekatnya. Dengan demikian, layanan yang buruk akan berjalan lebih cepat dibandingkan dengan layanan yang baik.