Cara membuat game android sendiri dirumah tutorial pertama
Pada tutorial ini, kita akan belajar cara membuat game di Android dengan
menggunakan Java applet (program berbasis bahasa pemograman Java) dan
Eclipse. Ini berguna buat sobat rampok yang berkiprah di Admob siapa tau aja ntar game yang sobat buat bisa jadi trending seperti kisahnya Flappy Bird dulu, Oke Tutorial ini akan dibagi ke dalam beberapa bagian. Game yang
akan kita buat adalah sebuah game Q-bot (robot) sederhana.
TAHAP 1 MEMBUAT PAKET GAME
Semua kode akan disimpan dalam folder src.
TAHAP 2 MENAMBAHKAN ‘METHODS’ DAN ‘EXTEND APPLET’
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
TAHAP 3 MENJALANKAN THREAD
Thread adalah fungsi untuk menjalankan proses-proses yang terjadi secara simultan atau bersamaan. Cara menambahkan thread pada code adalah sebagai berikut:
Informasi tersebut menjelaskan: saat anda mengimplementasikan interface runnable, anda mendapatkan run method dari thread yang anda ciptakan.
Untuk menghubungkan run() method yang baru dan thread yang telah anda buat, lakukan langkah berikut:
Game loop ibarat jantung sebuah game. Game loop berfungsi mengecek perubahan dan melakukan update secara periodik.
Dalam game Android yang akan kita buat, game loop akan melakukan fungsi berikut:
Langkah-langkah membuat game loop adalah sebagai berikut:
Jika kita melakukan kesalahan (seperti contoh Thread.sleep(17);dibawah, Java Compiler menunjukkan error tersebut dan kita harus mengelilingi Thread.sleep(17) dengan statement Try dan Catch.
Try adalah kode saat mencoba melakukan fungsi tertentu seperti sleep. Sedangkan catch akan menyimpan informasi yang berkaitan dengan error yang terjadi.
Pada saat ini StartingClass.java akan seperti berikut:
TAHAP 5 MENENTUKAN SIZE, BACKGROUND DAN TITLE
Pada tahap 2 kita telah membahas method berikut init(), start(), stop(), dan destroy(). Empat metode ini dijalankan berdasarkan life cycle suatu program. Pada tahap ini kita akan membahas method init(). Pada method ini kita akan menentukan paramater untuk applet yakni:
Pada tahap ini, anda akan melihat:
Cara membuat game android sendiri dirumah tutorial pertama
Bagian pertama ini akan dibagi lagi ke dalam 5 (lima) tahap. Tahapannya adalah sebagai berikut:TAHAP 1 MEMBUAT PAKET GAME
- Buka Eclipse dan buat sebuah proyek Java, dengan cara klik kanan di Package Explorer >> New >> Java Project:This image has been resized to fit in the page. Click to enlarge.
Kita sebut saja nama game ini KiloboltGame (konsistensi dalam penamaan sangat penting untuk menghindari error). Untuk opsi JRE dapat dipilih versi 1.6 atau 1.7
Semua kode akan disimpan dalam folder src.
- Buat
paket game. Jangan lupa namanya harus konsisten yakni kiloboltgame,
namun dalam huruf kecil. Paket tersebut berfungsi untuk mengelola class
ke dalam struktur seperti struktur folder. Klik kanan pada paket baru
tersebut dan buatlah sebuah class yakni StartingClass.This image has been resized to fit in the page. Click to enlarge.
TAHAP 2 MENAMBAHKAN ‘METHODS’ DAN ‘EXTEND APPLET’
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
- Tambahkan extendsApplet setelah StartingClass. Nantinya kita mendapatkan methods dari sebuah superclass melalui proses inheritance. Inheritance dalam Java adalah kondisi dimana eksistensi suatu object atau class bergantung pada object atau class lain.
- Anda akan melihat garis merah dibawah applet. Impor applet dengan menekan Ctrl+Shift+O atau klik menu impor dengan menggunakan mouse
- Sekarang anda dapat menambahkan methods berikut: init(), start(), stop(), destroy(). Metode-metode ini adalah bagian dari superclass Applet. Dengan mengimpor applet, anda dapat menggunakan methods tersebut
- Cara mudah untuk menambahkan sebuah
method adalah dengan menggunakan fungsi auto-complete. Ketik ‘init’ dan
tekan Ctrl + Space. Kotak auto-complete akan muncul dan pilih fungsi
init() yang pertama. Lakukan hal yang sama pada tiga metode pada poin 3
dan anda akan melihat:This image has been resized to fit in the page. Click to enlarge.
- Tekan Ctrl + Shift + F untuk fungsi auto-organize code
Package kiloboltgame; import java.applet.Applet; public class StartingClass extends Applet { @Override public void init() { // TODO Auto-generated method stub super.init(); } @Override public void start() { // TODO Auto-generated method stub super.start(); } @Override public void stop() { // TODO Auto-generated method stub super.stop(); } @Override public void destroy() { // TODO Auto-generated method stub super.destroy(); } }Pada gambar tersebut ada empat method init(), start(), stop(), and destroy(). Keempat method ini adalah kerangka melakukan eksekusi pada class Applet. @Override berfungsi mengecek error saat kompilasi kode. Anda juga akan melihat kode ‘super’. ‘Super’ mengacu pada pada superclass.
TAHAP 3 MENJALANKAN THREAD
Thread adalah fungsi untuk menjalankan proses-proses yang terjadi secara simultan atau bersamaan. Cara menambahkan thread pada code adalah sebagai berikut:
@Override public void start() { Thread thread = new Thread(); thread.start(); }Baris kedua dibawah @Override adalah statement membuat sebuah thread dan baris kedua adalah statement untuk memulai thread. Berikut contoh dari thread:
Thread thread = new Thread() { public void run() { for (int i = 0; i < 10; i += 2) { System.out.println("hello"); } } };Selanjutnya agar thread dapat berfungsi, anda memerlukan run method. Run method akan dibuat dengan cara berikut:
- Tambahkan ‘implements Runnable’ seperti berikut:
public class StartingClass extends Applet implements Runnable{…
Lalu buat sebuah run() method dalam class dengan mengetikkan run, tekan Ctrl + Space dan pilih metode: run() : void.
Saat menjalankan run method, akan muncul informasi berikut:This image has been resized to fit in the page. Click to enlarge.
Informasi tersebut menjelaskan: saat anda mengimplementasikan interface runnable, anda mendapatkan run method dari thread yang anda ciptakan.
Untuk menghubungkan run() method yang baru dan thread yang telah anda buat, lakukan langkah berikut:
- Kembali pada start method:
Thread thread = new Thread();
lalu tambahkan “this” menjadi:
Thread thread = new Thread(this);
Hasilnya adalah seperti gambar dibawah:package kiloboltgame; import java.applet.Applet; public class StartingClass extends Applet implements Runnable { @Override public void init() { } @Override public void start() { Thread thread = new Thread(this); thread.start(); } @Override public void stop() { // TODO Auto-generated method stub } @Override public void destroy() { // TODO Auto-generated method stub } @Override public void run() { // TODO Auto-generated method stub } }
Game loop ibarat jantung sebuah game. Game loop berfungsi mengecek perubahan dan melakukan update secara periodik.
Dalam game Android yang akan kita buat, game loop akan melakukan fungsi berikut:
- Meng-update karakter;
- Meng-update environment;
- Mewarnai scene;
- Menjalankan sleep mode selama 17 milidetik.
Langkah-langkah membuat game loop adalah sebagai berikut:
- Pada run() method dari ‘class’ kita akan menuliskan ‘true’:
- Tambahkan kode berikut didalamnya:repaint(); //
menjadi: - run() method akan menjadi seperti berikut:
@Override public void run() { while (true) { repaint(); try { Thread.sleep(17); } catch (InterruptedException e) { e.printStackTrace(); } } }
Jika kita melakukan kesalahan (seperti contoh Thread.sleep(17);dibawah, Java Compiler menunjukkan error tersebut dan kita harus mengelilingi Thread.sleep(17) dengan statement Try dan Catch.
Try adalah kode saat mencoba melakukan fungsi tertentu seperti sleep. Sedangkan catch akan menyimpan informasi yang berkaitan dengan error yang terjadi.
Pada saat ini StartingClass.java akan seperti berikut:
package kiloboltgame; import java.applet.Applet; public class StartingClass extends Applet implements Runnable { @Override public void init() { } @Override public void start() { Thread thread = new Thread(this); thread.start(); } @Override public void stop() { // TODO Auto-generated method stub } @Override public void destroy() { // TODO Auto-generated method stub } @Override public void run() { while (true) { repaint(); try { Thread.sleep(17); } catch (InterruptedException e) { e.printStackTrace(); } } } }
TAHAP 5 MENENTUKAN SIZE, BACKGROUND DAN TITLE
Pada tahap 2 kita telah membahas method berikut init(), start(), stop(), dan destroy(). Empat metode ini dijalankan berdasarkan life cycle suatu program. Pada tahap ini kita akan membahas method init(). Pada method ini kita akan menentukan paramater untuk applet yakni:
- Ukuran (size) dari applet;
- Warna background;
- Judul (title) applet.
- setSize(800, 480); Ukuran 800 pixels x 480 pixels adalah ukuran yang biasa digunakan pada android
- setBackground(Color.BLACK); Color.BLACK mengacu pada BLACK di superclass Color dan harus diimpor terlebih dulu:
- setFocusable(true);
Dengan menambahkan statement ini, pada saat game dimulai applet dapat
berfungsi dan menerima langsung input dari anda. Jika tidak ditambahkan,
anda harus mengklik ke dalam applet sebelum dapat menerima instruksi
dari keyboard. - Frame frame = (Frame) this.getParent().getParent();
frame.setTitle(“Q-Bot Alpha”);
Pada tahap ini, anda akan melihat:
package kiloboltgame; import java.applet.Applet; import java.awt.Color; import java.awt.Frame; public class StartingClass extends Applet implements Runnable { @Override public void init() { setSize(800, 480); setBackground(Color.BLACK); setFocusable(true); Frame frame = (Frame) this.getParent().getParent(); frame.setTitle("Q-Bot Alpha"); } @Override public void start() { Thread thread = new Thread(this); thread.start(); } @Override public void stop() { // TODO Auto-generated method stub } @Override public void destroy() { // TODO Auto-generated method stub } @Override public void run() { while (true) { repaint(); try { Thread.sleep(17); } catch (InterruptedException e) { e.printStackTrace(); } } } }Sampai disini dulu bagian pertama dari cara membuat game Android dengan menggunakan Java applet dan Eclipse. Pada bagian keduaakan dibahas cara menambahkan user input dan konsep awal membuat robot dalam game.